Monday, September 10, 2007


Musik Sebagai Alat Pengajaran

Paulus menuliskan, "Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu." Kolose 3:16 (bandingkan Efesus 5:19)

Pujian merupakan alat yang efektif dan strategis untuk mengajarkan doktrin dalam bahasa yang non-intimidating, memorable, dan accessible. Lebih dari itu, kebenaran dan keindahan bertemu dalam pujian. Musik secara estetis menguatkan kebenaran Allah. Mungkin, lagu rohani dapat menjadi ilustrasi yang bagus dari konsep Jonathan Edwards bahwa kebenaran Allah (kebenaran yang sejati) haruslah indah. Kebenaran Allah bukan sekedar pernyataan dingin dan hampa emosi.

Reformator penting seperti Calvin dan Luther menyadari peran vital dari musik rohani. Itu sebabnya, salah satu agenda terpenting mereka dalam membangun ibadah adalah dengan memperbaharui pemakaian dan repertoar lagu-lagu rohani. Calvin selalu menekankan bahwa sebuah lagu harus sederhana namun sekaligus memikat jemaat awam supaya mereka bisa menyanyikannya dalam kehidupan keseharian mereka. Lagu rohani yang hanya dapat dinyanyikan di gereja (mungkin karena terlalu sukar?!) bukanlah lagu rohani yang bagus.

Dampak praktis dari pemahaman ini antara lain kita, sebagai pengarang lagu dan pelayan musik, haruslah dapat mengartikulasikan kebenaran Tuhan dalam cara yang indah. Ini adalah hak istimewa sekaligus tanggung jawab besar. Kita tidak lagi hanya "memainkan musik yang indah" tapi "menyatakan kebenaran Tuhan (yang pada dirinya sendiri sudah indah) secara indah".

1 comment:

Arya Satria Arayana said...

STYLE & SONG KEYBOARD

Jadikan permainan keyboard anda semakin DAHSYAT & BERVARIATIF dengan koleksi irama terlengkap
dari styleplus. Permainan keyboard anda tidak membosankan lagi.

Tersedia STYLE Keyboard dengan berbagai irama untuk memperkaya variasi permainan keyboard anda.
Dapat digunakan pada berbagai keyboard: Roland, Casio, YAMAHA, KORG, Technics.
Sangat cocok untuk musisi gereja, player keyboard profesional, pemula dan penggemar keyboard.


Ribuan irama keyboard hanya seharga Rp 100.000,-/CD

Hub NAFIRI MUSIK 081-5-1100-1100
http://nafirimusik.blogspot.com/