Thursday, September 27, 2007

Pentingnya Pendidikan Jemaat

Dalam rangka mencapai kehidupan penyembahan dan ibadah yang sejati, gereja seringkali berfokus pada pendidikan para pelayan ibadah (liturgis, worship leader, pemusik, dan sebagainya). Namun justru melupakan jemaat sebagai pelaku penyembahan. Kita beranggapan bahwa dengan mendidik pelayan ibadah maka ibadah pun akan otomatis lebih baik.

Jemaat sebagai elemen utama ibadah justru harus juga dididik dalam ibadah. Paling tidak jemaat harus diajarkan mengenai esensi ibadah. Pertanyaan seperti apa itu ibadah? Apa yang kita lakukan dalam ibadah? Apa hubungan ibadah dengan iman dan kehidupan sehari-hari? Kemudian juga pemahaman jemaat terhadap unsur-unsur liturgi (pengakuan dosa, panggilan beribadah, dan sebagainya).

Tidak heran, banyak gereja merasa frustrasi ketika mereka sudah begitu rupa mempersiapkan pelayan ibadahnya, namun penyembahan jemaat terasa jalan di tempat. Tidak ada perubahan yang lebih baik. Salah satu sebab utamanya, sejauh pengamatan saya, karena gereja lupa atau lalai untuk mendidik jemaat dalam soal ibadah dan penyembahan.

Ibadah harus menjadi salah satu topik utama dalam kelas pembinaan jemaat. Dan esensi ibadah harus secara regular ditanamkan dan diingatkan kepada jemaat.

11 comments:

Anonymous said...

thanks unutk tulisanya yang mengulas ttg ibadah,
Ko Jimmy untuk usulan aja, tolong di ganti warna latar belakang blognya yang hitam, karena waktu saya membaca dengan huruf berwarna putih dan latar warna hitam, mata saya melihat bayang2 tulisan puthihnya. Thanks!

Josh said...

Salam kenal, nama saya Joshua, saya dapat link blog ini dari Technorati. Menarik sekali membaca ulasan teologis tentang ibadah terkumpul di 1 tempat. Saya minta izin memasukkan blog ini di blogroll saya, dan sekalian mengundang untuk mampir di http://truth-seeker-id.blogspot.com. Mudah2an blog ini terus di-update, saya tunggu. Thanks.

indiegal said...

Syallom.... jawaban.com will be held 1st Christian Indonesian Blogger Festival on 8 August 2008 (8-8-8)...Cek 'Pengumuman Event' forum JC tuk join CIBfest 2008 disini : http://www.jawaban.com/forum/viewtopic.php?p=161332#161332. Atau langsung join aja disini : http://www.jawaban.com/news/entertain/show.menu.php?cat_id=175. Dan ikuti instruksi di sidebar sebelah kanan. We're waiting for you all of Christian bloggers to join !

Anonymous said...

Mas Jimmy, saya Pdt. M.R. Kurniadi dari GKI Rawamangun. Secara tidak sengaja, saat mencari bahan untuk acara persekutuan pemuda di salah satu GKI di jakarta timur, dengan topik Rock Rohani saya menemukan blog Mas Jimmy. Terima kasih banyak telah mengupayakan blog seperti ini. Saya sendiri sebenarnya merindukan agar GKI memiliki website khusus tentang peribadahan, liturgi dan musik dalam ibadah/musik gerejawi atau terbitan-terbitan khusus musik gerejawi dalam rangka membina jemaat dalam hal musik gereja serta perbadahan.
Sekali lagi terima kasih banyak.

DaDen said...

Thanks, Ko Jimmy :) Truly enriching writings...

Anonymous said...

Shalom,

Blog kamu Bagus & inspiratif buat saya pribadi. Smoga buat pengunjung yg lain jg. Tetaplah menulis...

JBU.

PS: Mengundangmu jalan-jalan ke blog saya:

http://islamexpose.blogspot.com

Mommy Arya&Kinan said...

Pak Jimmy,
ex/alumni SMA 68 lulusan 1993, kelas Fis-1 bukan?

Kami dari milis 93sma68 mencoba mengumpulkan kembali teman2 68-93.
Mohon menghubungi balik.

Maaf & abaikan jika salah.

Anonymous said...

Shalom Pak Jimmy..
Pak, saya masi bingung dengan esensi ibadah..

"Jemaat sebagai elemen utama ibadah justru harus juga dididik dalam ibadah. Paling tidak jemaat harus diajarkan mengenai esensi ibadah. Pertanyaan seperti apa itu ibadah? Apa yang kita lakukan dalam ibadah? Apa hubungan ibadah dengan iman dan kehidupan sehari-hari? Kemudian juga pemahaman jemaat terhadap unsur-unsur liturgi (pengakuan dosa, panggilan beribadah, dan sebagainya)."

Jadi, esensi ibadah itu seperti apa?

-monica-

Jimmy Setiawan said...

mendidik esensi ibadah adalah proses yg membutuhkan waktu dan kerja keras... tetapi bukan berarti mustahil... monica tinggal dimana?... kalau mau, saya bisa bawakan beberapa sesi tentang esensi ibadah di gereja kamu... tetapi saya baru pulang ke indonesia, kira-kira juni s/d agustus tahun ini...

Anonymous said...

saya tinggal di jakarta pak.. Sebenarnya saya mencari tahu ttg esensi ibadah ini untuk keperluan tugas saya pak.. saya mahasiswi tarumanagara, skr lg tgs akhir, dan tgs akhir saya mendesain gereja.. pembimbing saya mengatakan saya harus cari dlu ttg esensi beribadah itu seperti apa.. kemudian,saya mikir lg, iya ya, sebenernya esensi beribadah tuh apa, kyanya selama ini, ibadah ya ibadah..

-monica-

Anonymous said...

I have an iphone 3G, and I have lots songs in my iphone, because it is synced with my computer(iTunes), what if I bought a new computer, how do you keep your old songs in your iphone? Or shall I say would you be able to sync your iphone with a new computer without losing any old songs? Many thanks!



________________
[url=http://unlockiphone22.com]unlock iphone[/url]